Tuesday, January 19, 2010

kecewa sieh...

salam/hello..
result br je kuar... ader yg gembire, ader yg berduke.. ader yg sengih2 sampai 2 3 hari.. ader jgk yg berkabung... dan aku ni, bley la dikatakan dlm kategori yg ke-2 .. huhu...  sdey jer rse.. ye la, biler hasrat x kesampaian.. isk2.. langkah kulemah, jiwa ku kosong.. fikiranku x menentu.. terawangan dim dinensi ku sndri... kecewakah aku?? isk2... skalilg air mate ku mengalir.....
tiba2... hatiku bersuara.. 'hasifi.. jgn biarkan perasaan ini menguasaimu.. sbagai manusia, kau perlu tabah dalm stiap dugaanNya.. sabar hasfi.. cuba lg.. tingkatkan keyakinanmu.. tingkatkn usahamu.. tingkatkan juga ibadatmu.. kau pasti boleh...' , tp, driku masih lg diselubungi kekecewaan yg menggunung ini...isk2..
hu, ni lah jadinyer bile da kecewa tahap gaban... susah jgk klw kecewe nih.. lg trok dr putus cinte sieh... hmm, papepon, kat sni aku nk share, cmner nk atasi rse kecewe yg mlande dri nih.. sbnrnyer aku cri utk aku.. ye la, ngh kuciwa kan, tp aku post jgk kat sni.. mne la tw ia dapt mmbntu pembace2 skalian.. dah2.. jgn sdey2...




Pahami Puncak Masalah
Pahami 
puncak permasalahan yang menyebabkan kita kecewa, dengan memahaminya maka kita mudah mencari jalan keluar atau solusinya.
- Pahami perasaan Kita
Alangkah baiknya jika kita juga memahami perasaan kita, coba hayati 
tekanan yang kita hadapi sehingga mudah kita mengatasi rasa kecewa tersebut.
- Ikhlas dengan Perasaan Kita Sendiri
Hindari untuk menipu perasaan diri kita sendiri, karena adakalanya rasa kecewa karena 
hal yang lain. Misal kita kecewa karena rekan kerja berhasil mencapai karir yang lebih tinggi tetapi sebenarnya kita kecewa karena rekan kita itu lebih cantik. Dalam contoh itu kita melihat bahwa kita menambah beban kecewa dengan perasaan kecewa mencapai karir itu bukan cuma lebih cantik. Coba hayati dengan tenang perasaan kita, puncak dari rasa kecewa tersebut.
- Pahami Puncak Kekecewaan
Selain memahami puncak 
masalah, coba pahami juga puncak dari rasa kecewa tersebut. Apakah puncak kecewa tersebut selalu berulang-ulang kita alami? apakah ada salah dalam diri kita? dan sebagainya.

- Menghindarinya

Setelah mengetahui dan memahami puncak dari kekecewaan, coba memikirkan apakah hal-hal tersebut dapat 
dihindari di masa akan datang, sehingga kita masih dan bermankan memiliki harapan dan mencegah hal kecewa tersebut.
- Cara mengatasi kekecewaan
Jika kita merasa kita sudah bertindak/berusaha untuk mengatasi kekecewaan tersebut, kita sebenarnya telah 
berhasil yaitu berhasil didalam menguasai diri kita untuk mengatasi rasa kecewa. Ada beberapa cara ‘obat’ atasi rasa kecewa tersebut;
Fokus perhatian kepada aktivitas lain yang bermanfaat
* Melupakan kekecewaan tersebut dan berkomitmen untuk tidak kecewa lagi
* Meluahkan perasaan kita kepada teman atau orang yang kita percayai

- Minta nasehat atau saran dari orang lain
Cobalah untuk meminta 
nasehat dari orang lain yang kita hormati dan sebaliknya jangan meminta nasehat dari orang yang kita benci atau yang sakitkan hati kita. Intinya adalah jangan menambah perasaan kecewa tetapimengurangi rasa kecewa tersebut.
- Jangan memanjakan perasaan
salah satu obat mengatasi rasa kecewa adalah jangan 
memanjakan perasaan kita, hindari untuk terlalu membawa perasaan. Coba lakukan aktifitas lainnya yang dapat mengalihkan fikiran dari hal yang menyebabkan rasa kecewa.
- Biarkan Otak mengatasi Hati
Cobalah untuk menenangkan perasaan dengan pemikirian, jika kita menggunakan 
otak untuk mengatasi perasaan (hati) akan lebih mudah kita melihat jalan yang lebih lurus dan rasional. Biasanya pemikiran rasional akan dapat mengatasi rasa kecewa.
- Tingkatkan keyakinan diri
Rasa kecewa biasanya muncul ketika kita 
kurang percaya diri. Hal ini sangat berperan dalam munculnya rasa kecewa pada diri kita.
sekian trime kasey..~~~




~ku kuciwa~

2 comments:

~kuyam~ said...

nice sharing..thxs sipi :)
jgn sedih2..bnd yg lps biar la
pk utk future okeh! :DDD

sipisenan said...

okies... thanksd kuyam...